Cara Menghafal Surah-Surah dalam Al-Qur'an

Setiap orang pasti mempunyai cara yang berbeda beda dalam menghafal surah-surah Al-Qur'an. Tetapi, kali ini saya akan membagikan cara menghafal surah-surah dalam Al-Qur'an versi pengalaman saya. Oke langsung saja simak caranya dibawah ini.


Cara Menghafal Surah-Surah dalam Al-Qur'an

Cara untuk menghafal surah-surah dalam Al-Qur'an versi pengalaman saya yaitu :


1.       NIAT                     


Untuk menghafal surah-surah dalam Al-Qur'an, kamu harus niat terlebih dahulu. Kenapa niat berada pada posisi pertama? Karena niat itu sangat penting seperti sabda Nabi Muhammad Saw,  "Amal (perbuatan) itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya......" Jadi jika kamu ingin menghafal surah-surah dalam Al-Qur'an, maka yang pertama kamu lakukan adalah dengan berniat terlebih dahulu untuk menghafal surah-surah dalam Al-Qur'an. Dengan begitu, kamu pasti akan mudah menghafalnya Insya Allah.


2.     CINTA


Cara selanjutnya yaitu cinta. Ciee cinta wkwk... cinta yang saya maksudkan yaitu pilih salah satu surah atau beberapa surah yang kamu sukai atau kamu cintai untuk kamu hafal bukan cintaku kepadamu tak terbatas oleh ruang dan waktu eh... Kembali ke topik pembahasan hehehe... 


Dalam menghafal surah-surah Al-Qur'an, pilihlah satu surah terlebih dahulu yang kamu sukai dan kamu fokuskan supaya kamu tidak merasa terbebani menghafal banyak surah-surah dalam Al-Qur'an. Dengan perasaan cinta terhadap surah yang kamu pilih itu, Insya Allah kamu pasti akan lebih mudah, enak, nikmat dalam menghafalnya. Contohnya begini " Setelah aku membaca surah Al-Waqi'ah, kayaknya aku mulai suka dengan surah ini. Ayat-ayatnya yang pendek dan surahnya yang menjelaskan tentang hari kiamat dan proses kehidupan setelah kematian, membuat aku penasaran pengen menghafalkannya. Aku coba deh sedikit sedikit dulu ngafalinnya


3.     BACA


Cara selanjutnya yaitu baca. Untuk menghafal Al-qur’an, di perlukan banyak membaca Al-qur’an. Ada 2 metode untuk membaca, yaitu :


a.     Metode Pertama


Menghafal per-halaman. Maksudnya kamu membaca satu halaman yang mau kamu hafal sebanyak tiga sampai sepuluh kali secara tartil, kalau sudah lancar baru mulai menghafalnya. Setelah hafal satu halaman, baru kamu pindah ke halaman berikutnya.


Perlu diperhatikan, setiap kamu menghafal satu halaman, sebaiknya kamu juga menghafal satu ayat di halaman berikutnya. Agar kamu bisa menyambungkan hafalan antara satu halaman dengan halaman berikutnya.


b.     Metode Kedua


Menghafal per-ayat,  yaitu kamu membaca satu ayat yang mau kamu hafal tiga sampai sepuluh kali secara tartil, kalau sudah lancar kamu baru menghafal ayat tersebut. Setelah hafal ayat pertama kamu pindah ke ayat berikutnya dengan cara yang sama, begitu seterusnya sampai satu halaman. Akan tetapi sebelum pindah ke halaman berikutnya sebaiknya kamu mengulangi halaman-halaman sebelumnya agar lebih kuat hafalannya.


4.     DENGAR

Cara yang berikutnya yaitu mendengarkan bacaan surah Al-Qur'an yang di lantunkan oleh syeikh atau imam-imam yang mempunyai suara yang merdu dan tajwid yang benar. Kamu tinggal memilih menurut selera kamu syeikh atau imam-imam mana yang suaranya kamu suka. Misalnya, kamu suka dengan syeikh Misyari Rasyid Al-Afasy, kamu bisa mendownload murottal syeikh Misyari Rasyid Al-Afasy di google dalam bentuk mp3 atau video atau mendownload aplikasinya.

Selanjutnya kamu dengarkan satu surah atau beberapa surah yang di lantunkan oleh syeikh atau imam-imam yang telah kamu pilih. Kemudian, kamu ikuti bacaan surah Al-Qur'an yang di lantunkan oleh syeikh atau imam-imam yang telah kamu pilih. Setelah itu, cobalah kamu test hafalanmu tanpa mendengarkan murottal dari syeikh atau imam-imam yang telah kamu pilih. Lakukan cara ini sesering mungkin agar kamu cepat menghafalnya. Cara ini sangat efektif untuk menghafal surah-surah dalam Al-Qur'an. 


Menurut saya, kebanyakan orang mempunyai kecerdasan menghafal dengan cara mendengarkan. Banyak orang yang hafal lagu-lagu yang baru dirilis oleh artis yang mereka sukai. Coba deh kamu tanya sama temanmu tentang lagu taylor swift yang terbaru, pasti temanmu itu tau dan hafal banget lagunya. Nah untuk itu, metode mendengarkan sangat efektif dan cepat dalam menghafal surah-surah dalam Al-Qur'an.


5.     MUROJA'AH


Cara yang terakhir adalah muroja'ah. Jika kamu sudah menghafal satu atau beberapa surah Al-Qur'an, sering seringlah muroja'ah hafalanmu supaya tidak cepat lupa dan menghilang. Lakukan muroja'ah ketika kamu sedang bete dirumah gk ngapa-ngapain, sedang di kendaraan, sedang tidak dalam waktu sibuk, dan lain sebagainya. Gunakan waktu dengan sepinter pinternya untuk bermuroja'ah Insya Allah hafalanmu bertambah kuat dan tidak lupa. Dan satu hal lagi yaitu kurangi maksiat agar hafalanmu tidak hilang.


Oke itulah cara menghafal surah-surah dalam Al-Qur'an versi pengalaman yang saya lakukan. Mohon maaf apabila cara ini ada yang salah. Tetap semangat dan tebar kebaikan.

Seorang penulis muslim yang menuliskan karya-karyanya melalui media blog

1 SHARE 1 KEBAIKAN, BAGIKANLAH!!

BACA JUGA YANG INI

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »