Jadilah Pembeda Di antara Temanmu

Hidup ini bagaikan roda yang berputar. Kadang kala merasa unggul dari orang lain dan kadang kala merasa kalah dari orang lain. Seperti hal nya ketika kamu berada di dalam kelas saat masih duduk di bangku sekolah. Kala itu kamu merasa lebih unggul dalam hal apapun dari teman-teman sekelasmu. Kamu selalu bisa di andalkan oleh teman-temanmu saat kerja kelompok, saat olahraga, atau bahkan saat sedang ujian. Rasanya seperti menjadi penguasa kelas meskipun kamu bukan menjadi ketua kelas. Keadaan seperti ini sungguh menyenangkan, bukan?

Jadilah Pembeda Di antara Temanmu

Namun, hidup bukanlah seperti itu. Tidak selamanya kamu merasa berada diatas dari yang lain sebab diatas langit masih terdapat langit-langit lainnya yang lebih tinggi. Keadaan berubah drastis ketika kamu sudah lulus dan memasuki dunia perkuliahan. Dimana kala itu kamu merasa unggul dari teman-teman sekelasmu saat berada di sekolah, berubah menjadi tak berdaya dengan teman-teman sekelasmu saat berada di bangku perkuliahan. Ibaratnya kamu menjadi seperti semut yang berada diantara para gajah. Sulit rasanya untuk bisa mengimbangi kehebatan mereka.

Lalu, apakah kamu akan menyerah dengan keadaan seperti itu?

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehebat apapun temanmu pasti mempunyai kekurangan. Walaupun kamu seperti seekor semut kecil yang tak berarti dihadapan para gajah yang hebat, bukan berarti seekor semut tidak memiliki keahlian yang ada di dalam dirinya. Meskipun kamu merasa minder karena kalah hebatnya dengan teman-teman sekelasmu, bukan berarti kamu tidak bisa apa-apa. Tumbuhkanlah rasa keyakinan dalam diri bahwa kamu juga mempunyai kemampuan yang tak kalah hebatnya dengan teman-teman sekelasmu.
Apabila engkau melihat seseorang mengunggulimu dalam masalah dunia, maka unggulilah dia dalam masalah akhirat. ~Al Hasan Al Bashri~
Optimisme perlu diraih agar semua keminderan itu musnah. Carilah sebuah kemampuan yang jarang teman-teman sekelasmu miliki. Kemudian maksimalkan kemampuan itu. Dengan begitu, kamu bisa mengungguli mereka dengan kemampuan yang mereka tidak miliki. Sebagai contoh, bila temanmu hebat dalam hal pelajaran namun dia tidak mahir dalam hal teknologi, maka unggulilah dia dalam hal teknologi. Dengan begitu, kamu bisa dikenal dan diandalkan oleh temanmu bila temanmu meminta bantuanmu dalam hal teknologi.

Seekor semut bisa menjadi terkenal di kalangan para gajah karena dia mempunyai kemampuan yang berbeda dari gajah-gajah yang ada. Semut itu menunjukkan bahwa meskipun dia kecil dan keberadaannya sering tak dianggap, namun dia tetap berusaha agar dirinya dikenal oleh para gajah yang ada di sekitarnya dengan menunjukkan kemampuan yang tidak di miliki oleh para gajah di sekitarnya. Dengan begitu, para gajah akan mengakui semut itu dengan segala kemampuannya.

Begitu juga bila kamu berada di dalam kelas yang berisi orang-orang hebat di dalamnya, namun kamu merasa bahwa kamulah satu-satunya orang yang tak sehebat mereka. Maka, janganlah menjadi minder dengan ketidakhebatanmu itu terhadap mereka. Carilah kemampuan yang mereka tidak miliki. Kemudian kembangkanlah kemampuan itu. Dengan kemampuan yang berbeda tersebut, kamu akan diakui oleh mereka sebagai orang yang hebat juga.

Seorang penulis muslim yang menuliskan karya-karyanya melalui media blog

1 SHARE 1 KEBAIKAN, BAGIKANLAH!!

BACA JUGA YANG INI

Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »